Jumat, 13 Februari 2015

The 20th IAAS Indonesia National Congress in Mataram, NTB.


Mataram, 11-15 Februari 2015
 The 20th National Congress of IAAS Indonesia.

National Congress (Natcon) merupakan kegiatan tahunan dari International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS). IAAS sendiri merupakan sebuah asosiasi internasional mahasiswa di bidang pertanian dan ilmu-ilm terkait di seluruh dunia yang berkantor pusat di Belgia. Sedangkan Indonesia merupakan salah satu anggota tetap dari IAAS yang memiliki 9 Local Committee (LC) yang ada di Universitas-Universitas ternama diantaranya IPB, Unpad, UGM, Unibraw, Undip, UNS, Unlam, UHO dan tentunya Unram selaku penyelenggara Natcon tahun ini.
Seluruh delegasi dari IAAS Indonesia
fieldtrip ke Museum NTB
Tidak kurang dari 100 mahasiswa delegasi yang tergabung dalam IAAS Indonesia mengahadiri event tahunan ini. Para delegasi berasal dari berbagai penjuru di tanah air yang mewakili Institusi masing-masing. Acara tersebut berlangsung sejak tanggal 11 – 15 Februari 2015 dengan berbagai rangkaian acara diantaranya seminar nasional, workshop, bazar produk khas daerah, sidang pleno dan fieldtrip. Dari acara ini diharapkan juga mampu menjadi ajang promosi budaya dan pariwisata Propinsi NTB khususnya Pulau Lombok sebagai daerah dengan destinasi wisata yang memanjakan mata, tidak kalah dengan pulau seberang, sehingga hal ini diharapkan akan mampu mendongkrak jumlah kunjungan tourist domestic maupun mancanegara, selaras dengan salah satu program “Visit Lombok Sumbawa” yang dicanangkan tahun 2012 silam. Dari kegiatan ini juga diharapkan akan mampu memotivasi kaum pemuda dalam hal ini mahasiswa sebagai agent of change untuk lebih peka dan peduli terhdap isu-isu lingkungan khsusnya sector pertanian yang menjadi salah satu sector unggulan negara agraris seperti Indonesia. Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini mengangkat tema “Integrated Farming for Rural Community Empowerment as an Effort for Economic Balance”, tema tersebut dianggap sesuai dengan kebutuhan wawasan akan persiapan Indonesia menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan mulai berlaku mulai akhir tahun 2015. Adapun kegiatan ini akan diselenggarakan di tiga lokasi yakni Arena Budaya Unram sebagai lokasi seminar nasional, Desa Lingsar sebagai tempat workshop tentang budidaya dan pengolahan lebah madu trigona,
dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) NTB sebagai tempat sidang pleno yang menjadi agenda utama event tahunan ini.
Salah satu stand bazar (UNPAD)
Suasana di ruang sidang pleno IAAS Indonesia
Secara garis besar, sidang pleno terdiri dari pembahasan dan penetapan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADART), laporan pertanggungjawban National Committee (NC), pergantian NC yang terdiri dari National Director (ND), Vise Director of Partenrship (VVise Director of Exchange Program (VDE), Vise Director of Finance (VDF), dan Vise Director of Communication (VDC), pengangkatan Control Council National Committee (CCNC) sebagai dewan pengawas NC dan Renstra selama satu periode kedepan. Selain itu, pada hari terhakhir seluruh delegasi melakukan kunjungan (fieldtrip) ke Museum NTB, desa adat Sade, dan beberapa destinasi wisata tersohor di Pulau Lombok. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya khas sasak khususnya di Pulau Lombok. Akan tetapi pada kesempatan ini terdapat satu LC yang tidak dapat ikut serta yakni UHO karena suatu dan lain hal. Sidang yang berlangsung selama 4 hari tersebutmenghasilkan beberapa keputusan diantaranya terpilihnya National Commitee periode 2015/2016 dengan Saudara Irvan Herviansyah (IPB) sebagai ND, Kukuh Budi Santoso (UB) sebagai VDP, Nendi Triastika Furi (UNS) sebagai VDF, Ema Tri HAndayani (UGM) sebagai VDE dan Rifaldi (UB) sebagai VDC. Selain itu forum juga memutuskan Saudari Pristi NAdhilah (IPB), Mulyani (UB) dan Travelia Febrin (UGM) sebagai CCNC 2015/2016.

Dalam mensukseskan acara ini panitia Natcon bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dan beberapa instansi terkait yang mensponsori demi kelancaran kegiatan tersebut. Ini merupakan congress yang ke 20 sejak disahkannya Indonesia sebagai full member IAAS World pada tahun 1991 di World Congress di Bangkok, Thailand.
Menurut rencana, National Congress tahun depan akan diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, Jawa Tengah. Keep IAAS Spirit !! Think globally, act locally !!

Fieldtrip ke Desa Budaya Sade, Lombok Tengah.



Serah terima jabatan oleh NC demisioner kepada NC terpilih
IAAS Indonesia 2015/2016








Title: The 20th IAAS Indonesia National Congress in Mataram, NTB.; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar